Jumat, 24 Mei 2019 | 22:54 WIB

Widodo Terpilih Ketua AJI Batam

Jurnalisme 29 April 2019 Taslimahudin 18


Pengurus AJI Batam

Pengurus AJI Batam


MAKRO.ID - Slamet Widodo resmi menjabat sebagai ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Batam periode 2019-2022. Terpilih secara aklamasi pada Konferta AJI Batam ke V di Greenland Hotel, Minggu (28/4/2019). 

Wartawan senior di Batam ini akan didampingi oleh Eliza Gusmeri yang terpilih sebagai sekretaris AJI Kota Batam. Dengan terpilihnya kepengurusan baru ini, AJI Kota Batam diharapkan bisa menjadi organisasi wartawan yang lebih baik lagi.

Widodo mengatakan selain merumuskan program tiga tahun selanjutnya,  Konferta ini juga merupakan bagian dari memperkuat konsolidasi organisasi. Pihaknya mengaku kan berupaya ke depan memajukan AJI Batam sebagai organisasi wartawan yang memperjuangkan kesejahteraan dan menjaga independensi wartawan.

"Terimakasih atas dukungan teman-teman semua. Organisasi tidak akan mungkin bisa berjalan dengan baik tanpa ada dukungan dari teman-teman AJI Batam," kata Widodo

Widodo menjelaskan bahwa tantangan media ke depan akan semakin sulit, karena itu pengembangan sumber daya atau kompetensi wartawan khususnya yang menyajadi anggota AJI Batam akan menjadi prioritas. Pihaknya dalam waktu dekat akan segera menyusun program kerja.

Selain itu independensi wartawan juga akan menjadi perhatian utama pihaknya ke depan, hal ini juga sejalan dengan komitmen AJI Indonesia.  Dalam kesempatan itu ia juga berjanji akan berupa menjalankan tugas dengan baik dan amanah yang diberikan oleh anggota AJI Batam tidak akan disia-siakan.

"Intinya ke depan harus lebih baik dari sekarang. Program-program AJI Batam yang sudah berjalan dengan baik selama ini akan kita lanjutkan, sedangkan yang belum berjalan akan kita perbaiki," jelasnya.

Perwakilan AJI Indonesia Yoso Kurniawan menyambut baik terlaksananya Konferta V AJI Batam, pihaknya memberikan apresiasi terselenggaranya pemilihan ketua dan sekretaris AJI Batam. Pihaknya berharap AJI Batam bisa terus eksis dalam menjalankan organisasi dengan baik sesuai dengan AD/ART.

"Tentu kita harapan AJI Batam bisa lebih baik. Jangan hanya fokus pada organisasi internal tapi juga isu-isu sosial dan juga kemanusiaan di sekitar kita," kata Yoso.

Pemilihan ketua dan sekretaris AJI Batam sendiri cukup alot. Sidang pleno dengan agenda pemilihan ketua dan sekretaris di skors dua kali karena alotnya sidang untuk menentukan calon ketua dan sekretaris.

Setelah sidang di skors selama 10 menit, sidang kembali di lanjutnya. Peserta konferta yang tadinya sudah memberikan hak suaranya memilih calon ketua Slamet Widodo dan calon sekretaris Eliza Gusmery akhirnya ditetapkan dalam sidang pleno. Slamet Widodo sendiri menggantikan Muhammad Zuhri sebagai ketua AJI Batam periode sebelumnya. (IMR)

Editor : Taslimahudin




Top