Ratusan Rumah di Kota Batam Terendam Banjir

Personel Polda Kepri saat turun ke lokasi rumah warga yang teredam banjir. Sejak Sabtu (9/1/2021) hingga Minggu (10/1/2021) Kota Batam diguyru hujan lebat yang mengakibatkan banjir di beberapa wilayah. Foto: Polda Kepri

MAKRO.ID, BATAM – Ratusan rumah warga di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, terendam banjir sejak Sabtu (9/1/2021) hingga Minggu (10/1/2021).

Banjir terjadi karena curah hujan yang cukup deras. Beberapa kawasan yang terendam banjir di antaranya di Kampung Tua Batu Besar, Perumahan Devely Residence, Perumahan Green Nongsa City, Perumahan Kodim Aviari Kelurahan Buliang dan Perumahan Citra Mas.

Bahkan badan jalan menuju Bandara Internasional Hang Nadim Batam juga terendam banjir.

Warga Kampung Tua Batu Besar, Angga, mengatakan, banjir pada Minggu (10/1/2021) merupakan banjir susulan.

“Malam ini lanjutnya kondisi air sudah mulai surut,” ujarnya.

Ia menjelaskan untuk di RT 2 RW 1, Kampung Tua Batu Besar, hampir seluruh rumah warga terendam banjir.

“Di RT 2 RW 1 ada 271 KK dan hampir semua rumah terendam banjir. Kemungkinan juga terjadi di RT 3,” jelasnya.

Tinggi air yang mengenangi kawasan tersebut lanjutnya, diperkirakan mencapai 70 sentimeter atau setinggi paha orang dewasa.

Lurah Batu Besar, Badri, yang meninjau langsung ke lokasi akan menindaklanjuti keluhan warga terkait minimnya drainase di Kampung Tua, Batu Besar.

“Kita akan memasukan keluhan warga (minimnya drainse,red) dalam Musrenbang tahun ini,” tuturnya.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt,
mengatakan, minggu kedua Januari 2021 curah hujan kembali meningkat disertai air pasang tinggi di wilayah Provinsi Kepri.

“Menyikapi hal tersebut Polda Kepri melalui Sat Brimob langsung terjun ke lokasi-lokasi rawan banjir yang ada di Kota Batam,” jelasnya.

Pihaknya menerjunkan tim Tanggap Bencana di beberapa wilayah di Kota Batam yang terdampak Banjir.

Di antaranya di Perumahan Devely Residence, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Perumahan Kodim Aviari Kelurahan Buliang, Kecamatan Batu Aji, Perumahan Citra Mas Indah Kelurahan Batu Besar Kecamatan Nongsa dan di jalan menuju Bandara depan Perumahan Bida Garden Kelurahan Belian Kecamatan Batam Kota.

“Di lokasi tersebut tim memberikan imbauan kepada masyarakat untuk mematikan aliran listrik dan tidak mendekati ke sungai atau aliran air yg berada di sekitar lokasi banjir dan tim juga ikut serta membantu mengevakuasi barang-barang masyarakat yang terkena banjir,” tuturnya.(***)

Next Post

5 Cara Merawat Kulit Kering

Sen Jan 11 , 2021
MAKRO.ID – Kulit kering bisa dikarenakan berbagai hal, antara lain cuaca, suhu panas, paparan sinar matahari, kebiasaan mandi terlalu lama, sabun dan detergen yang bersifat iritatif. Tidak hanya itu, berbagai kondisi penyakit juga dapat menyebabkan kulit kering, yaitu eksim dan psoriasis. Jika kamu salah satu yang memiliki masalah ini, coba […]

bp-batam

%d blogger menyukai ini: