Presiden Pastikan Beras Petani Diserap Bulog

Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers Setpres/Muchlis Jr

MAKRO.ID, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memastikan beras hasil panen petani akan diserap oleh pemerintah melalui Perum Badan Urusan Logistik (Bulog).

“Saya pastikan beras petani akan diserap oleh Bulog dan saya akan segera memerintahkan Menteri Keuangan agar membantu terkait anggarannya,” ujar Presiden dalam keterangan pers, Jumat (26/03/2021), di Istana Merdeka, Jakarta.

Dilansir dari website setkab.go.id, Presiden juga memastikan bahwa tidak akan ada beras impor yang masuk ke Indonesia sampai pertengahan tahun ini.

Indonesia kata Presiden bahkan sudah tidak mengimpor beras hampir tiga tahun ini.

“Saya pastikan bahwa sampai bulan Juni 2021, tidak ada beras impor yang masuk ke negara kita, Indonesia,” ujarnya.

Presiden menjelaskan, adanya Nota Kesepahaman atau MoU dengan Thailand dan Vietnam, adalah sebagai langkah antisipasi mengingat situasi yang penuh dengan ketidakpastian saat ini.

“Dan saya tegaskan, memang ada MoU dengan Thailand dan Vietnam, itu hanya untuk berjaga-jaga, mengingat situasi pandemi yang penuh dengan ketidakpastian. Saya tegaskan sekali lagi, berasnya belum masuk,” paparnya.

Presiden meminta agar polemik terkait impor beras dihentikan karena dapat mempengaruhi harga gabah di tingkat petani.

“Saya tahu kita memasuki masa panen dan harga beras di tingkat petani belum sesuai yang diharapkan. Oleh sebab itu, saya minta segera hentikan perdebatan yang berkaitan dengan impor beras. Ini justru bisa membuat harga jual gabah di tingkat petani turun atau anjlok,” tegasnya.(***)

Next Post

Siperantara, Ojek Online Karya Anak Batam Resmi Mengaspal

Sat Mar 27 , 2021
MAKRO.ID, BATAM – Soft opening aplikasi ojek online Siperantara di Kepri Mall, Sabtu (27/3/2021) dihadiri langsung oleh Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad. Siperantara merupakan aplikasi kreativitas anak Kota Batam, Tomy Chandra. “Saya berpikir kehadiran Siperantara akan memberikan kontribusi bagi negeri kita,” kata Amsakar. Menurutnya, Siperantara menjadi pilihan baru bagi […]

bp-batam

%d bloggers like this: