Lebaran Ditetapkan Pada Kamis 13 Mei

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto : Instragram @gusyaqut)

MAKRO.ID, BATAM – Kementerian Agama (Kemeng) RI memutuskan perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1442 H ditetapkan pada Kamis (13/5/2021).

Dengan ini seluruh umat Islam baik Nahdatul Ulama (NU) ataupun Muhammadiyah akan bersama-sama merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan pihaknya melakukan pemantauan hilal di 88 titik di 34 provinsi. Dari 88 titik itu tidak ada yang melaporkan melihat hilal.

“Karena itu maka penetapan 1 Syawal diistikmalkan (digenapkan 30 hari) atau ditetapkan pada hari,” kata Yaqut saat konferensi pers, Selasa (11/5/2021).

Pada kesempatan itu, Yaqut mengajak seluruh umat Islam untuk terus selalu bersama-sama menjalankan protokol Kesehatan. Guna untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sidang isbat sendiri dihadiri oleh Majelis Ulama Indonesia, DPR, BMKG, Ormas Islam dan sejumlah instansi pemerintah lainnya.

Sidang isbat didasarkan pada Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004. Dalam sidang Kemenag menggunakan dua metode, yaitu hisab (perhitungan) dan rukyat (melihat langsung). Kedua metode itu tidak dibenturkan, melainkan saling melengkapi satu sama lain.

Next Post

Ini Bacaan Salat Idul Fitri dan Tata Caranya

Rab Mei 12 , 2021
MAKRO.ID, BATAM – Salat Idul Fitri dikerjakan pagi pada tanggal 1 Syawal, setalah umat Islam menjalankan puasa Ramadan seama satu bulan. Biasanya salat Idul Fitri dilaksanakan secara berjamaah di masjid atau juga di lapangan-lapangan besar yang menampun banyak jemaahnya. Salat Idul Fitri hanya dilaksanakan sekali dalam satu tahun. Perlu diketahui […]
Salat Idu Fitri

bp-batam

%d blogger menyukai ini: