KM Kelud Tidak Berlayar ke Batam Hingga 25 September

Kapal KM Kelud. Foto : Dok Pelni

MAKRO.ID, BATAM – Hingga 25 September mendatang, Kapal KM Kelud tidak akan berlayar ke Batam. Sebabnya, karena kapal berkapasitas 2000-an penumpang tersebut tengah melakukan docking tahunan di Kodjabahari, Jakarta.

“Dari 10 hingga 25 September nanti, Kelud tidak akan masuk ke Batam, karena tengah melakukan proses docking di Jakarta, ” kata Nahkoda Kapal KM Kelud, Capt. Asep Soparya, Minggu (19).

Adapun tujuan dari proses docking kapal yaitu untuk keperluan membersihkan badan kapal dibawah garis air, memeriksa kerusakan-kerusakan dan memperbaikinya, serta mengecat badan kapal dibawah garis air.

Baca Juga : Inaportnet, Aplikasi yang Mempermudah Kapal Berlayar

Docking atau pengedokan kapal dilakukan juga untuk mempertahankan kelas kapal, dan pemeriksaan berkala terhadap kondisi lambung di bawah garis air, bukaan dan perlengkapan penutup mesin, dan komponen bagian luar dari sistem poros penggerak.

KM Kelud merupakan kapal yang menjadi favorit warga Batam, soal transportasi yang murah biaya. Umumnya kapal ini menjadi incaran bagi warga asal Medan, Sumatera Utara dan dari Pulau Jawa, dan sering ramai saat musim mudik.

Adapun rute kapal Kelud yakni Tanjungpriok Jakarta, Batam, Tanjungbalai Karimun dan Belawan. Untuk sekarang hanya ada satu pelayaran, yaitu menggunakan Kelud, dari Batam ke Tanjung Priok hari Rabu pukul 11.00 WIB tiba dan pukul 15.00 WIB berangkat. Batam ke Belawan hari Minggu pukul 06.00 WIB tiba, pukul 11.00 WIB berangkat. Sementara KM Umsini dan Bukit Raya dipakai pemerintah sebagai tempat isolasi terpusat terapung (isoter) di Makassar Sulawesi Selatan dan Belawan Sumatera Utara.

Next Post

Investor Abu Dhabi Minati KEK Kesehatan Sekupang

Sen Sep 20 , 2021
MAKRO.ID, BATAM – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sekupang diminati oleh investor asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait mengatakan ketertarikan tersebut terjadi saat BP Batam mengikuti acara Road to Indonesia Investment Day 2021 di Abu Dhabi awal Agustus lalu. “Investor ini […]
%d blogger menyukai ini: