4 Latihan Mudah untuk Membantu Mengelola Gejala Depresi, Lakukan Secara Rutin

Ilustrasi olahraga. Foto : pixabay
Ilustrasi olahraga. Foto : pixabay

MAKO.ID – Olahraga biasanya merupakan hal terakhir yang ada di pikiran Anda saat Anda menderita depresi atau kecemasan. Latihan, di sisi lain, dapat membuat efek yang signifikan setelah Anda menjadi termotivasi.
Banyak penelitian telah menemukan bahwa orang yang berolahraga secara konsisten memiliki suasana hati yang lebih baik dan memiliki tingkat depresi yang lebih rendah.

Olahraga juga dapat membantu Anda menghindari kekambuhan depresi atau kecemasan setelah Anda pulih.

Di sini kami menyarankan 4 latihan mudah untuk meredakan depresi

1. Lari untuk meningkatkan suasana hati secara alami

Berlari tidak akan membuat depresi Anda hilang dalam semalam, tetapi itu akan membantu Anda mengelola gejalanya.

Anda membangun otot, meningkatkan kesehatan jantung Anda, dan menjaga otak Anda ketika Anda pergi joging. Jantung Anda berdetak lebih cepat saat Anda berlari untuk memompa darah ke seluruh tubuh Anda.

Otak mempersiapkan kerja keras dengan membuat sistem pernapasan bekerja lebih keras. Kondisi mental ini berdampak membantu Anda mengatasi depresi dan meningkatkan kesehatan mental Anda

2. Angkat suasana hati Anda dengan mengangkat beban

Latihan beban dapat menjadi latihan meditasi bagi orang-orang dengan depresi ringan sampai sedang karena ketika Anda latihan beban, pikiran Anda terkonsentrasi pada tugas yang ada dan tidak memikirkan hal lain.

Keuntungan lain termasuk definisi otot yang lebih besar, aliran darah yang lebih tinggi, dan usaha keras, yang semuanya dapat meningkatkan pandangan Anda dan memberi Anda rasa kepuasan yang kuat ketika Anda mencapai tujuan Anda.

3. Kombinasikan yoga dengan terapi lain untuk merasa lebih baik

Yoga adalah bentuk latihan fisik yang melibatkan berbagai posisi tubuh, metode pernapasan, dan meditasi. Depresi dan gejalanya, seperti kesulitan berkonsentrasi atau kekurangan energi, dapat mengambil manfaat dari terapi.

Bahkan jika yoga bukan pilihan Anda, perpaduan antara meditasi dan gerakan fisik adalah alat yang ampuh untuk mengatasi kesedihan.

Meditasi membantu seseorang dalam membawa diri mereka ke saat ini dan memungkinkan otak mereka untuk menjernihkan. Gerakan yang terkontrol dan terkonsentrasi juga membantu penguatan koneksi tubuh-pikiran.

4. Dapatkan sinar matahari yang cukup

Bahkan hobi sederhana seperti berkebun, bermain-main dengan anak-anak Anda, atau mencuci mobil Anda dapat meningkatkan suasana hati Anda jika Anda senang berada di luar.

Sinar matahari telah ditemukan untuk membantu dalam produksi serotonin, zat kimia otak yang meningkatkan suasana hati. Penurunan serotonin selama bulan-bulan yang lebih gelap dan lebih dingin telah dikaitkan dengan beberapa kasus gangguan afektif musiman.

Jika Anda mengenali tanda dan gejala depresi, buatlah janji dengan dokter keluarga atau dokter umum untuk pemeriksaan dan skrining yang komprehensif. Anda harus membuat jadwal yang mudah diikuti dan dipelihara saat pertama kali memulai program kebugaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Batam akan Semakin Indah, Ribuan Jati Emas Ditanam Juni Mendatang

Rab Mar 30 , 2022
MAKRO.ID – Penanaman pohon jati emas sebanyak lima ribu pohon dengan tajuk “Batam Hijau” akan segera terealisasikan pada Juni 2022 mendatang. Tata Kota Batam akan semakin cantik dan indah. Sepanjang jalan utama dari Laluan Madani menuju Bandara Hang Nadim akan tampak semakin hijau. Hal tersebut diungkap Wakil Kepala BP Batam, […]
Wakil Kepala BP Batam, Purwiyanto
%d blogger menyukai ini: