PBB Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi 3,1 Persen Imbas Perang Rusia-Ukraina

MAKRO.ID – laporan Situasi dan Prospek Ekonomi Dunia (WESP) PBB Rabu (18/5/2022) memperkirakan pertumbuhan ekonomi global pada angka 3,1 persen. Laporan yang rilis pada rabu, (18/5/2022) turun yang mana sebelumnya diproyeksikan di angka 4,0 imbas dari perang Rusia dan Ukraina masih berlanjut.

Perang yang terjadi mengakibatkan krisis, kenaikan harga pangan dan komoditas, dan memperburuk tekanan inflasi.

“Perang di Ukraina dalam semua dimensinya memicu krisis yang juga menghancurkan pasar energi global, mengganggu sistem keuangan dan memperburuk kerentanan ekstrem bagi negara-negara berkembang,” kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, seperti dikutip dari antara.

Ia menjelaskan, negara seperti Amerika Serikat, China, dan Uni Eropa, sebagian besar negara maju dan berkembang lainnya mengalami penurunan prospek pertumbuhan.
Prospek harga energi dan pangan sangat suram untuk negara berkembang yang mengimpor komoditas, dan kerawanan pangan meningkat, terutama di Afrika.

Laporan WESP, yang diterbitkan oleh Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial PBB (DESA), meneliti bagaimana efek limpahan dari konflik di Ukraina berdampak pada wilayah yang berbeda.

Selain kematian dan krisis kemanusiaan yang sedang berlangsung, operasi militer khusus Rusia juga memiliki dampak ekonomi yang parah di kedua negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Rudi Ajak Pendeta Turut Dukung Pembangunan Kota Batam

Jum Mei 20 , 2022
MAKRO.ID – Wali Kota/Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengajak para pendeta yang tergabung dalam Ikatan Pendeta Menetap Batam (IPMB) untuk terus mendukung pemerintah membangun daerah. Hal itu ia sampaikan saat silaturahmi sekaligus membuka Musyawarah Besar (Mubes) IPMB di Golden View, Bengkong, Batam, Jumat (20/5/2022). “Untuk membangun daerah, keamanan nomor satu. […]
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi
%d blogger menyukai ini: